Rupa periklanan

 Pemateri : Pungky febi arifianto M,SN.

 


Teori periklanan

Asal kata periklanan

Advertensi reklame

Berasal dari kata advertenties, sementara reklame berasal dari kata reclama

Pada tahun 1951 kata periklanan baru diperkenalkan oleh seorang tokoh pers Indonesia Berna,a Soedarjo Tjokrosisworo. Berasal dari Bahasa arab yaitu I’lan atau I’lanun, yang berarti informasi atau pengumuman

Dalam KBBI periklanan berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan iklan, sementara kata dasarnya, yaitu iklan, berarti : Berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Atau bisa juga : Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa sperti surat kabar dan majalah atau di tempat umum.

 

Jenis iklan

Iklan non komersial/layanan masyarakat : bertujuan untuk mengedukasi atau menciptakan kesadaran masyarakat trhadap suatu hal.

Iklan komersial : Bertujuan untuk menarik konsumen untuk membeli suatu produk atau jasa

 

Ekosistem periklanan

1.      Rantai nilai kreatif

Terdapat aktivitas utama, pendukung, peranan, dan pelaku yang terlibat di dalamnya serta keluaran dari setiap proses nilai kreatif. Hasil akhirnya berupa iklan di media tradisional dan digital

 

Divisi kreasi

·        Account executive Departement : bertugas mencari client, kinerjanya akan diawasi oleh account executive supervisor/manager. Dalam divisi ini juga terdapat posisi client service director yang berperan menjaga relasi dengan client. Pemimpin dari divisi ini adalah account director yang menjalankan peran strategis seperti melakukan analisis pesaing dan account planning

·        Creative department : berperan untuk mengubah ide-ide abstrak kedalam bentuk yang mudah dipahami oleh target audiens. Divisi ini akan melakukan visualisasi keinginan client dalam bentuk draft dan konsep iklan

·        Media department : penyusunan dan mempersiapkan strategi perencanaan media yang akan dipakai untuk menyampaikan iklan

 

Divisi Produksi dan Pascaproduksi

·        Account executive Departement : Bertugas melakukan pengawasan dan koordinasi atas pekerjaan yang dilakukan oleh creative department.

·        Creative department : creative director yang mengeplai divisi ini bertanggung jawab atas karya iklan yang diproduksi tim kreatif dan memastikan bahwa klien merasa puas dengn hasil tersebut, didalamnya terdapat Copywriter, art director, visualizer, typographer, dan graphic designer.

·        Production department : meneruskan proses kerja dari creative department hingga materi iklan siap ditampikan di media.

·        Talent department : menyediakan model yg sesuai dengan kebutuhan dan ide tim kreatif

·        Project management : melakukan pengawasan ata proses kerja di perusahaan periklanan.

Divisi Distribusi/media placement

·        Media director : melakukan negosiasi dan menjaga relasi dengan pihak media

·        Media manager : menjaga relasi dengan klien

·        Media planner : Menyusun dan mentiapkan strategi, perancangan, penjadwalan, pemilihan media, dan besarnya anggaran iklan yang diperlukan.

·        Media buyer : melakukan negosiasi dan memonitor jadwal penayangan atau pemuatan iklan sesuai dengan peanan dan memberikan data yang dibutuhkan oleh media planner.

2.      Lingkungan pengembangan

Untuk menjaga kelangsungan dan perkembangan proses penciptaan karya kreatif periklanan diperlukan dukungan dari lingkungan pengembangan, terdiri atas apresiasi orang-orang kreatif dan memotivasi untuk meningkatkan kualitas karya. Apresiasi dapat berupa pebghargaan yang diberikan asosiasi periklanaan maupun media

 

3.      Pasar

Keluaran rantai nilai kreatif periklanan dinikmati oleh masyarakat, baik yang menjadi targetdari produk, gagasan, atau pesan yang diiklankan. Selain itu, karya iklan juga akan dilihat pemrakarsa iklan, serta pihak-pihak lain seperti pemasok, distributor, kritikus, dan lainnya.

 

Sementara pengawas merupakan pihak-pihak yang memiliki kewenangan untuk melakukan fungssi pengawasan sesuai yang diatur dalam berbagai kebijakan

 

4.      Pengarsipan

Merupakan proses dokumentasi dan penyimpanan karya iklan yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh orang kreatif periklanan, asosiasi, pelaku bisnis komunitas, kaum intelektual, dan pemerintah sebagai media pembelajaran dan literasi.

Comments

Popular posts from this blog

Nirmana

Review film "ARRIVAL"